Sabtu, 19 Mei 2012

Mengenal Jenis-Jenis Cat Melukis

Dalam kegiatan melukis, ada saatnya anak-anak diajak untuk menggunakan cat. Entah untuk melukis di atas kertas atau untuk memberi warna bahan-bahan tertentu, seperti kain, kaleng atau mungkin batu. Pada saat itu, seorang guru harus menentukan cat jenis apa yang cocok digunakan untuk kegiatan tersebut. Berikut adalah beberapa jenis cat dengan masing-masing kegunaannya.

Cat Air
Cat Air berbahan dasar air atau mengunakan air sebagai pengencernya. Cat ini cocok untuk melukis di atas kertas. Sifatnya transparan dan mudah mengering. Jika digores di atas kertas, kertas akan sedikit menggelembung. Terdapat dua jenis cat air yang beredar di pasaran, yaitu cat air dalam kemasan tube dan cat air kering seperti gambar di samping.

Cat Poster
Cat Poster juga berbahan dasar air, namun bedanya sifat cat ini lebih pekat (opaque). Cat ini untuk digunakan melukis di atas kertas. Cat poster yang beredar di pasaran biasanya dalam bentuk botol kecil.

Cat Acrylic
Cat Acrylic juga berbahan dasar air, sifatnya pekat. Cat ini cocok untuk melukis di atas kanvas, atau bisa juga untuk melukis di kain, stryfoam, kayu atau gerabah.

Cat Tekstil
Cat Tekstil berbahan dasar air. Cat jenis ini khusus untuk melukis di atas kain. Cat ini cocok untuk kegiatan melukis t-shirt, sepatu kanvas atau tas kain. Setelah cat mengering bidang lukisan harus disetrika, namun besi setrikaan jangan mengenai langsung lukisannya.

Cat Minyak
Cat Minyak  memiliki minyak pengencer khusus yang biasanya dijual terpisah dalam kemasan botol. Namun dapat juga menggunakan Thinner sebagai pengencer dan membuat cat lebih cepat mengering. Thinner biasanya dipakai bagi anak yang belajar melukis. Karena bahan Thinner ini mudah terbakar dan mengeluarkan bau yang menyengat, maka disarankan untuk anak-anak yang sudah cukup besar dan di bawah pengawasan orang dewasa. Dan, kelemahan lain dari Thinner ini membuat cat pada lukisan tidak tahan lama, cat menjadi retak-retak.

Berikut ini adalah rangkumannya dalam bentuk tabel:
Jenis Cat
Bahan
pengencer
Dasar lukisan
Keterangan
Cat Air
Air
Kertas
Cukup cepat mengering
Cat Poster
Air
Kertas
Cukup cepat mengering
Cat Acrylic
Air
Kanvas, kayu, Styrofoam, kayu, gerabah
Cepat mengering
Cat Tekstil
Air
Tekstil/kain
Cukup cepat mengering
Cat Minyak
Minyak
Kanvas
Lama mengering

Artikel yang akan dimuat selanjutnya adalah: “Mengenal Macam-macam koas”

Ditulis oleh: Franz Dwiono, 19 mei 2011
Didukung oleh: PT LYRA AKRELUX, supplier alat-alat menggambar merk Lyra, Giotto & Das
Facebook:
Lyra – Giotto – Das Indonesia
Mr. Macker Art Studio

Bing Google Yahoo Foredi Generator Laptop Reviews Beauty counter Asus Laptop Reviews
Portable diesel generator Portable diesel generator reviews

33 komentar:

  1. THX gan info nya
    sangat bermanfaat bagi saya ^^

    BalasHapus
  2. you're wellcome.
    kalau sempat silahkan kunjungi facebooknya juga ya.. Mr. Macker Art Shop atau Lyra-Giotto-Das Indonesia.
    THX

    BalasHapus
  3. Pak Franz, mohon infonya kalau utk cat di atas bidang kaleng pakai apa ya ?

    BalasHapus
  4. Baik Pak. Untuk melukis di kaleng, Bapak bisa menggunakan cat acrylic. Namun, agar cat lebih kuat melekat pada kaleng, permukaan kaleng halus dihamplas. Demikian.

    BalasHapus
  5. Mas bisa tidak jika melukis di kanvas dengan cat kayu..cat ini mengandung minyak juga dan mengkilat...bisa tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Adi, cat kayu juga bisa dipakai untuk melukis di atas kanvas. Hanya saja diperlukan trik khusus serta latihan agar terbiasa menggunakannya. sebagai contoh posisi kanvas sebaiknya mendatar, jgn tegak, karena cat mudah menetes. Tapi saya lebih menganjurkan bapak menggunakan cat acrylic. Cat acrylic juga mengkilat dan ditinjau harganya lebih ekonomis dibanding cat kayu. Demikian tanggapan saya, semoga memuaskan. Terima kasih.
      nb.: coba saja cat acrylic merk Giotto.

      Hapus
  6. Mas, kalo mau melukis di dinding, pake cat apa y ??. apa ia pake cat tembok yang biasa dipake untuk ngecat rumah ??, kayak Nippon paint, dullux, dan sejenisnya gitu ??

    BalasHapus
  7. Mbak Amelya.
    Tergantung kondisi bidang dan jenis lukisannya. contohnya, jika Mbak mau membuat lukisan awan, maka yang lebih tepat untuk dipakai adalah cat tembok.
    Tetapi jika di dalam lukisan tersebut ada objek yang detail, contohnya ada gambar kupu-kupu, maka saya menganjurkan menggunakan cat acrylic.
    Untuk sementara demikian penjelasannya Mbak, semoga memuaskan.
    nb: Cat acylic merk Giotto tersedia dalam botol 500 ml, lebih hemat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooh gitu ya mas. thanx yaa. aku soalnya lagi nyari cat acrylic itu, tapi jarang dijual di toko cat, bingung juga, udah beberapa yang saya tanya tapi g ada yang jual. Ok, thanx y sarannya

      Hapus
    2. Mbak Amelya, di toko cat juga mereka mengenal cat acrylic, tapi cat acrylic yang ada di toko cat adalah cat acrylic untuk tembok (cat tembok). Cat acrylic yang saya maksud adalah cat acrylic yang biasa dipakai pelukis, tersedia di toko stationary dan kemasannya berupa tube.

      Hapus
  8. Pak Franz, saya kls 9SMP ada tugas Seni Budaya utk melukis di kanvas. Nah, kalo pake Cat Acrylic, Keringnya brp jam?? Soalnya utk Pameran.

    Terima Kasih

    BalasHapus
  9. Hallo Annas...
    Cat acrylic cepat mengering, sekitar 5 menit.
    Selamat berkarya.

    BalasHapus
  10. pak, saya mau nanya. kalau cat poster dipakai lukis media kanvas, efeknya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik Pak, seperti yang bisa kita lihat, kanvas kurang dapat menyerap cat, hal itu karena kanvas dilapisi bahan pelindung. Sedangkan cat poster membutuhkan media yang memiliki daya serap yang cukup tinggi yaitu kertas. Singkatnya, cat poster hanya direkomendasikan dipakai di atas kertas.
      Kanvas mengandalkan cat yang dapat mengering tanpa penyerapan, seperti cat acrylic atau cat minyak.
      Saran saya, jika Bapak ingin menghasilkan karya yang maksimal, maka Bapak dapat menggunakan media dan bahan yang sesuai/cocok.

      Hapus
  11. pak. kalau dalam 1 kanvas, kita pakai dua jenis cat (cat akrilik dan cat poster) mempengaruhi kualitas warna ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ditinjau dari kwalitas, tentu kita dapat mengukurnya dari kelas kwalitas produknya (professional atau premium). Tapi sekarang nampaknya Bapak kurang tepat memilih media, hal ini akan mempengaruhi kwalitas karya Bapak, seperti cat poster yang dipakai di kanvas yang pasti akan luntur. Tapi janganlah Bapak patah semangat, Bapak bisa menggunakan cat minyak sebagai pengganti cat poster. Cat minyak dan cat acrylic sangat cocok untuk kanvas. Selamat berkreasi!

      Hapus
  12. kami sebuah sekolah di jogja. kami selalu memakai cat LYRA dan GIOTTO untuk anak2, tapi kami kesulitan untuk memesan kembali karena stock yg selalu terbatas. Apakah ada solusi untuk kami? kami sangat membutuhkan cat itu untuk media belajar anak. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah lihat-lihat blog kami. Kalau boleh kami ingin mengetahui jenis cat LYRA & GIOTTO apa, yang ingin Bapak/Ibu pesan. Kami akan cek dahulu, apakah produk tsb masih ada dalam stok kami. Contohnya, Lyra textile Paint sdh tidak ada karena sdh diganti dengan Giotto Textile Marker.
      Baiklah, Bapak/Ibu dapat langsung menghubungi di email : fdwiono@yahoo.co.id

      Salam hangat,
      Franz Dwiono

      Hapus
  13. saya ina kelas 1SMA, saya ada tugas melukis pada media topeng. cat acrylic merek apa yang bapak rekomendasikan? *yang cepat kering

    BalasHapus
  14. Hallo Ina,
    Cat acrylic yang biasa saya pakai dan tentu saya rekomendasikan pada kamu adalah merk Giotto. Ada kemasan tube dalam pack set 12 colors, harganya sekitar 65.000, ada juga kemasan botol 50 ml dan 250 ml. Bisa ditemukan di toko buku/stationery terkemuka. Cat acrylic Giotto akan mengering dalam waktu 5-6 menit, tergantung ketebalan olesan. Selamat berkreasi.

    BalasHapus
  15. Pagi pak, saya doan, bagaimana dengan cat scotlight, apakah sama dengan cat poster? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi Pak Doan. Apakah cat scotlight yang Bapak maksud adalah cat yang berwarna fluorescent? Persamaannya, sama-sama bersifat pekat. Sedangkan kegunaannya, cat fluorescent bisa untuk mengecat di berbagai dasar/bahan spt styrofoam, kayu, atau kain. sedangkan cat poster khusus untuk melukis di atas kertas. Demikian, terima kasih.

      Hapus
  16. Siang mas, mau nanya.. kalo misalnya ngelukis kaos pkai acrylic bisa ga mas..? ada cara atau tips-tips tertentu ga dlam melukis kaos memakai acrylic..? makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja bisa. TIPSnya: Sebelum dilukis, kaos harus diberi alas yang rata dan kaku, masukkan alas ke dalam kaos, lebih baik kalau alasnya lebih besar dari lebar kaos, agar kain terbentang.

      Hapus
  17. Pak Franz, anak saya membuat mainan pesawat dari styrofoam. Cat yang cocok apa ya? Supaya hasil bisa menutup lubang-lubang pada styrofoam dan hasilnya mengkilat. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya lbih baik menggunakan cat akrilik yang sifatnya menutup. Dicampur air swdikit akan mempermudah cat masuk ke sela sela styrofoam...

      Hapus
  18. Pagi Pak...saya mau tanya. untuk bidang paku, cocoknya pake cat apa ya? cat akrilik atau cat poster? Terima kasih.

    BalasHapus
  19. salam kenal, mau tanya pak, utk melukis diatas kanvas, apakah kita langsung mengoleskan cat diatas kanvas atau mesti mengencerkannya dulu ? dan apakah harus menggunakan kuas khusus kanvas?

    yang kedua, untuk melukis diatas kayu/tripleks, apakah kayu tersebut mesti diplitur atau divernish dulu baru digambari ? atau bagaimana ? sbaiknya menggunakan cat apa utk kayu ? kuas khusus juga?

    terimakasih

    BalasHapus
  20. Ma'af pak ..saya mau tanya kalo untuk melukis di kaleng pakai cat apa yaa,dan ada kiat cara penggunaannya tidak...?? apa saja langkah utk penggunaannya.terima kasih.

    BalasHapus
  21. Pertanyaan saya hampir sama dengan mbak Nur Hkmah. Saya punya proyek bersama anak2 membuat celengan dari kaleng bekas. Tapi kok hasilnya tidak mengkilap & tidak mulus seperti yang saya lihat di tv. Saran bapak saya mesti menggunakan cat apa dan tips memberikan efek mengkilat.
    Saya juga menggunakan media botol bekas minum untuk karya recycling. Tipe cat yang harus saya gunakan apa ya pak? Terimakasih.

    BalasHapus
  22. pak saya mau nanya, klo cat poster dipake untuk ngelukis di baju bisa? apakah dapat luntur?
    mksh..

    BalasHapus
  23. kalo boleh tau cat untuk melukis di mug apa ya?

    BalasHapus
  24. pak,, kalo untuk melukis di ember kaleng cet besar ukuran 25kg itu menggunakan cat apa agar tidak luntur??
    apakah bisa menggunakan cet tembok akrilik yang pewarnanya mengunakan cst sandy?

    BalasHapus

silahkan comment...