Sabtu, 19 Mei 2012

Mengenal Macam-Macam Koas


Dalam melukis dengan menggunakan media cat, biasanya kita juga menggunakan koas. Terdapat 2 jenis koas yang biasa digunakan, yang dilihat berdasarkan bentuk penampang yang menjepit rambut koas, yaitu berpenampang bentuk bulat dan betuk pipih.

Koas Bulat
Koas dengan penampang berbetuk bulat disebut Koas Bulat atau Round Brush. Koas jenis ini cocok digunakan untuk melukis dengan cat air
Koas Pipih
Koas Pipih atau Flat Brush biasanya memiliki rambut yang lebih kaku, sehingga cocok digunakan untuk cat acrylic.

Nomor Koas
Besar kecil penampang dapat dilihat pada tanda nomor yang
tertera di batang koas.


Rambut Koas
Rambut koas pada jaman sekarang dibuat dengan sintetis  atau plastic. Namun ada pula yang masih menggunakan rambut yang diambil dari sirai kuda.

Koas “Mao-pi”
Koas Mao-pi termasuk koas berpenampang bulat. Koas ini digunakan untuk melukis atau menulis kaligrafi atau huruf-huruf China. Batang koas biasanya dibuat dari batang bambu. Cara menggunakan koas ini haruslah tepat, batang koas harus tegak sehingga tinta atau cat dapat turun dengan baik ke ujung koas.

Menggores Koas
Ketika koas menyentuh kertas tangan kita harus ringan (mengambang). Sehingga cat sepenuhnya dapat dikendalikan. Koas dipegang secara agar kita dapat dengan sepenuhnya mengendalikan cat. Cara menggores koas yang baik adalah dengan cara di tarik. Koas yang ditekan menyebabkan bulu-bulu koas menjadi tidak lurus sehingga cat tidak mengalir dengan baik pada kertas. Menggores koas dengan cara didorong akan menyebabkan cat terlalu banyak mengalir ke kertas.
Demikianlah serba-serbi mengenai koas. Selamat mencoba.


Ditulis oleh: Franz Dwiono, 20 Mei 2011
Didukung oleh:
PT LYRA AKRELUX, supplier alat-alat menggambar merk Lyra, Giotto & Das
Facebook:
Lyra – Giotto – Das Indonesia
Mr. Macker Art Studio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan comment...